BADIOU DAN ZIZEK –

oleh -118 views



Djoko Saryono

Tulisan-tulisan R. Setiawan mengekspresikan sebuah keyakinan betapa pentingnya wacana filosofis atau pemikiran dan pandangan filosofis di tengah menguatnya kepraktisan, kedangkalan, dan kecenderungan anti-wacana di masyarakat kita. Sinisme sebagian masyarakat terhadap wacana tampak tak menyurutkannya untuk berhenti menghasilkan karya yang teoretis, konseptual, dan mendalam. Malah dia terus dan makin lantang menyerukan betapa wacana atau pemikiran filosofis sangat diperlukan bagi Indonesia pada masa kini dan masa depan.

Tak heran, setelah menghasilkan buku The Recipes of Literature: The Unlikekely Way a Professor Mastering Literature, Zizek, Subjek, dan Sastra, Kritik Sastra Pascamodern, dan Pascakolonial: Wacana, Teori dan Aplikasi, kini dia membuahkan buku Subjektivitas dalam Filsafat Politik Alain Badiou dan Slavoj Zizek yang mememperkenalkan sosok dan pemikiran filosofis dua filsuf kenamaan dan berpengaruh pada masa sekarang. Seperti empat buku sebelumnya, buku terbarunya ini juga begitu konseptual, teoretis, mendalam, dan tetap membawa wawasan baru bagi kita meskipun sampai sekarang sudah terbit beberapa buku yang membahas Badiou dan Zizek. Ditulis secara runtut, runut, utuh, dan sistematis buku ini merekonstruksi pokok-pokok pikiran Badiou dan Zizek yang berkenaan dengan subjek(tivitas) dalam politik sehingga pembaca mudah mengikutinya. Sebab itu, bagi pemula minimal, membaca buku ringkas dan mengalir ini kita serasa membaca biografi intelektual dua pemikir berpengaruh di berbagai bidang keilmuan dan kebudayaan.

Kita semua tentu tahu bahwa selain teman atau sahabat yang saling membantu dan memperkaya, namun tak jarang berbeda pemikiran dan pandangan, Badiou dan Zizek adalah dua filsuf kontemporer yang disegani dan berpangaruh baik di kalangan ahli filsafat maupun di berbagai bidang kebudayaan. Pemikiran dan pandangan filosofis keduanya bukan hanya ikut menentukan arah dunia filsafat secara umum, namun juga merambah ke berbagai bidang keilmuan dan kebudayaan, yang terentang begitu panjang mulai subjek, sastra, politik dengan sampai ekonomi. Itu sebabnya, mengenal pemikiran dan pandangan Badiou dan Zizek menjadi kebutuhan kalangan terpelajar Indonesia dan penekun dunia pemikiran filosofis di Indonesia.

Dalam konteks itu, buku Subjektivitas dalam Filsafat Politik Alain Badiou dan Slavoj Zizek karya R. Setiawan ini dapat dijadikan rujukan atau pilihan, tentu saja selain buku lain yang sudah ditulis dan atau terbit di Indonesia. Kendati tipis dan ringkas, buku ini bisa menjadi cermin besar yang bening dan jelas untuk melihat sosok, pemikiran, dan pandangan Badiou dan Zizek yang telah ikut menggerakkan arah perkembangan filsafat kontemporer dan ilmu pengetahuan pada umumnya.

9 Jan 2021



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.