PERMAINAN PIKIRAN DAN PERASAAN KETIKA MENGGUBAH PUISI | Obrolan Santai

oleh -20 views


PERMAINAN PIKIRAN DAN PERASAAN KETIKA MENGGUBAH PUISI

 

 

SATU

Bentuk puisi 437 adalah sebentuk cara penulisan puisi dengan patokan terdiri atas 2 bait. Bait pertama terdiri atas 4 baris yang masing-masing terdiri atas 3 kata dengan sajak aaaa, bbbb, abab, dan aabb. Bait kedua terdiri atas 3 baris yang masing-masing terdiri atas 4 kata dengan sajak aaa atau bbb. Judul terdiri atas 2 kata yang terpakai pada puisi.

 

Melihat patokan dan membandingkannya dengan kenyataan MELODI HATI/Achmad Sidartha (AS) sudah memenuhi syarat. Silakan simak :

 

MELODI HATI/Ahmad Sidarta

 

Melodi gitar mengiringi

Terdengar sampai perigi

Rembulanpun ikut berseri

Mentari ikut menari

 

Alunan merdu suara gitar

Meniti hati bidadari bergetar

Sang kumbang mencari berputar-putar

 

Raha, 2 Januari 2021

 

Sebagai penggagas bentuk #437 saya sangat senang dengan usaha yang dilakukan oleh AS untuk mencoba menggubah MELODI HATI.

 

Saya ulangi bahwa melihat bentuknya MELODI HATI sudah cocok dengan patokan. Namun dalam hal pilihan kata serta apa yang ingin disampaikan patut kis telusuri.

 

DUA

Pikiran dan perasaan yang merupakan hasil kerja otak dan hati adalah dua elemen penting dalam mengarungi lautan kehidupan. Termasuk ketika membuat –saya lebih suka menyebutnya sebagai menggubah- puisi.

 

Meski penggubah puisi mempunyai hak penuh dalam hal memilah dan memilih kata namun langkah kebebasan  tersebut tetap harus memperhatikan kewajaran. Orang bilang “yang logis dan tidak logis”.

 

Apa yang muncul dalam rasa ditimbang oleh pikiran dan sebaliknya, apa yang muncul dalam pikiran ditimbang oleh rasa. Jika tidak teliti, dengan kata lain jika menulis dengan gegabah maka bukan tidak mugkin akan lahir kalimat yang ganjil.

 

Telaah di atas saya kaitkan dengan MELODI CINTA. Silakan simak gubahannya di bawah ini.

 

 

 

MELODI HATI  Ahmad Sidarta

 

Melodi gitar mengiringi

Terdengar sampai perigi

Rembulanpun ikut berseri

Mentari ikut menari

 

Alunan merdu suara gitar

Meniti hati bidadari bergetar

Sang kumbang mencari berputar-putar

 

Raha, 2 Januari 2021

 

Pertanyaan-pertanyaan berikut mungkin bisa menjawab apa-apa yang telah saya sampaikan di atas.

 

Seperti yang kita ketahui bahwa perigi adalah kata lain untuk sumur. Pertanyaannya adalah, siapa yang mendengar petikan gitar dalam perigi?

 

Rembulan muncul kala malam dan mentari muncul kala siang. Pertanyaannya adalah, apakah logis jika pada saat bersamaan, bulan dan matahari dihadirkan bersama?

TIGA

Telaah ini atas dasar pemikiran saya. Pendapat saya benar tapi bisa saja salah. AS dengan MELODI CINTAnya salah tapi bisa saja benar.

 

Bagaimanapun jelajah rasa dan pikiran saya tidak akan bisa menembus daya jelajah orang lain. Hanya sekedar kira-kira saja.

 

Semoga tulisan ini tidak membuat AS kecil hati lalu diam tidak menulis lagi. Andai tulisan ini dianggap sebagai kritik semoga AS tidak alergi.

 

202101040647 Kotabaru Karawang





Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *